10 Comments

Saya Kepribadian Apa?

SBY_Presiden RI

Ismail Haniya_Perdana Menteri Palestina

George W.Bush_Presiden USA ke-43


Mempelajari tentang kepribadian ternyata menarik. Selain menjawab rasa penasaran, ada beberapa manfaat lain: pertama, menentukan pekerjaan atau karier (bila tahu kepribadian kita, maka kita bisa memilih tipe pekerjaan yg sesuai dg karakter kita); kedua, bila kita sdh mengenal beragam tipe kepribadian maka kita dapat berkomunikasi secara lebih baik dg melakukan pendekatan yg tepat berdasarkan kepribadian lawan bicara; ketiga, meningkatkan kemampuan kita dalam menyampaikan pendapat dg tepat sesuai kepribadian lawan bicara. Masih banyak lagi manfaat lainnya.

Tahukah teman, secara umum sebenarnya tidak ada yang disebut kepribadian negatif (-) atau positif (+).Kepribadian adl bawaan kita yg terbentuk saat kanak2. Semua kepribadian sebenarnya (+). Hanya saja setiap kepribadian biasanya memiliki 2 karakter kontradiktif, karakter (+) dan karakter (-). Karakter positif membantu kita utk sukses. Sebaliknya karakter (-) menghambat keberhasilan.

Hmm…Saya kepribadian apa???
Ada tes kepribadian praktis yg bisa dilakukan utk mengetahuinya, tapi ckp panjang bila saya harus mempostingnya di sini. Paling tidak penjelasan di bawah ini bisa menjadi pengukur kepribadianmu secara umum.
Yuk, cocokkan dg diri kita masing-masing…

Paling tidak ada 4 kategori kepribadian (Menurut Erwin Parengkuan):
1. Si Gesit
Adl tipe yg penuh semangat, pemberani, dan tdk mudah menyerah. Biasanya aktif dan tdk pernah bisa diam. Krn kesukaannya bersosialisasi, umumnya tampak menonjol saat berada dl sebuah kelompok. Senang berbicara di depan banyak org, selalu punya ide2 kreatif, biasnaya menyukai yg menantang dan kompetitif. Menyukai hal2 praktis serta selalu ingin menjadi yg pertama dlm segala hal. Biasanya suka pujian dan senang menjadi pusat perhatian.
2. Si Rinci
Julukannya tipe pemikir, maka ia cenderung serius, lebih suka bekerja di belakang meja dibanding harus bertemu banyak org. Biasanya mampu mengontrol diri, tenang. Sungguh2 dlm bekerja, memilki kecerdasan di atas rata2, dan memilki banyak angel dlm proses berpikir. Perencana yg hebat. dipirkan sebelum bertindak. Hati2. Biasnaya berpikir secara rasional dan objektif. Ia tekun dan pekerjaannya selalu sempurna, serta tidak mau berhenti bekerja bila hasilnya belum memuaskan. Ia seorang analis dan kritisi yg baik. Biasanya memilki jiwa seni yg tinggi.
3. Si Kuat
Sangat PeDe, selalu mengerjakan segala suatunya sendiri, tdk tergantung dg org lain,. Memilki kepribadian mandiri, cakap, dan ahli di bidangnya. Sosok yg idealis dan teguh prinsip. Tegas bertindak, dan tdk suka kompromi. appapun keinginan hidupnya pasti akan dikejar.
4. Si Damai
Kooperatif dan selalu ingin menyesuaikan diri di lingkungan manapun ia berada. Tipe ini hangat, suka menolong, rajin, dan pekerja. Selalu ingin melayani, patuh aturan, tekun, dna sabar. Ia selalu meminta pendapat org lain sebelum memutuskan sesuatu, tdk suka konflik. Bahkan rela berkorban, asalkan tdk mengecewakan org lain. Dia juga cenderung menerima apapun yg diputuskan org lain utknya.
……………………………………………………
Jadi apa kategori kepribadianmu???

Advertisements

10 comments on “Saya Kepribadian Apa?

  1. Ehem…. *batuk*
    Tipe pertama bukan gue banget… 😳

    Saya yang keempat…. 😳

  2. Spertinya aku cenderung yang ke-4 nih…
    Sepertinya sih… 😀

  3. saya yg mana ya??haduh binggung sepertinya campuran hehehehe…thanks infonya sangat bermanfaat

    salam
    http://d105.wordpress.com

  4. Saya salud dengan sosok ismail haniya…beliau orang yang berani dan berjuang mati2an demi rakyat palestina, walaupun banyak dari rekan dan teman2 di bunuh tentara israel, dia tetap mengedepankan kemerdekaan bagi bangsanya

  5. All : wah..semuanya jawabannya serupa. ternyta membuktikan kebenaran pengalaman si pembuat tes kepribadian, katanya hampir tdk ada org yg memiliki satu jenis kepribadian sj, melainkan kombinasi dari 4 tipe itu. nah, biasanya akan muncul 2 tipe yg dominan. utk tau yg mana yg dominan, mmg ada tesnya sendiri… 🙂

  6. wah kayanya aku campur-campur deh..

  7. mmm….saya juga gak masuk ke salah satu darinya ya..
    tapi seperti perpaduan dua di antaranya

  8. Pagiii Mbk
    wah sulitjuga ya menentukan saya masuk yang mana >_<

  9. aku kok nggak termasuk ke 4 kepribadian itu ya… 😉

  10. kalau ke empat2nya ada gimana??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s