10 Comments

Bingung-Pilih-Mantapkan ISTIKHARAH


Pernah merasa bingung???
Pengalaman seseorang yang sedang bingung memilih diantara beberapa pilihan, membuat saya terinspirasi untuk menulis di sini.
“Waduh bingung saya ka memilih yang mana”, curhat si bingung pada temannya.
“Dipikirkan dulu, bawa shalat istikharah malam ini”, tanggap si teman.

Saya coba search di google dg kata kunci “diantara pilihan apa yang dilakukan Rasulullah”.

Manusia adalah makhluk yang lemah dan sangat butuh pada pertolongan Allah dalam setiap urusan-Nya. Yang perlu ditekankan bahwa manusia tidak mengetahui hal yang ghoib. Manusia tidak mengetahui manakah yang baik dan buruk pada kejadian pada masa akan datang.
Oleh karena itu, di antara hikmah Allah Ta’ala kepada hamba-Nya, Dia mensyariatkan do’a supaya seorang hamba dapat bertawasul pada Rabbnya untuk dihilangkan kesulitan dan diperolehnya kebaikan.

Seorang muslim sangat yakin dan tidak ada keraguan sedikit pun bahwa yang mengatur segala urusan adalah Allah Ta’ala.
Rasulullah mengatakan jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a yang artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya.”

Perlu diketahui, istikhoroh dilakukan bukan dalam kondisi ragu-ragu karena Nabi Saw bersabda,
“Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu”. Begitu pula isi do’a istikhoroh menunjukkan seperti ini. Oleh karena itu, jika ada beberapa pilihan, hendaklah dipilih, lalu lakukanlah istikhoroh. Setelah istikhoroh, lakukanlah sesuai yang dipilih tadi. Jika memang pilihan itu baik, maka pasti Allah mudahkan. Jika itu jelek, maka nanti akan dipersulit.
Utk pembaca yg sedang bingung, selamat menimbang, memilih dan istikharah… Lalu bertawakal kepada-Nya

Advertisements

10 comments on “Bingung-Pilih-Mantapkan ISTIKHARAH

  1. ia yah, kalo kita binggung nentuin pilihan, biarkan hati kita bekerja untuk menanyakan kepada sang pencipta pilihan “Tuhan”….

  2. Semoga Allah memberikan kemudahan pada setiap keputusan yang kita ambil 🙂

    Psstt… hayuk, kita ktemuan yuk :mrgreen:

  3. wah,selama ini pemahaman saya salah dong?
    saya kira, harus dapat ketenangan dulu baru mantap utk memilih pilihan yg ada. hmm…

    • ada opsi pilihan, tentukan pilihan, mantapkan dg istikharah 🙂 mimpi, kecenderungan hati, terxta bukan berarti isyarat itu pilihan terbaiknya.

  4. wah mbak Ayya makasih ya bagi2 pengalamannya bermanfaat nanti pas tetik nuga ngalamin hal yang sama buat referensi ahhh…

  5. Jika saya akan melakukan pekerjaan atau melakukan sesuatu yang sangat berarti bagi saya dan saya dalam keadaan yakin, maka saya melakukan Shalat Hajat.

    Jika dalam keadaan ragu maka dilakukan shalat Istikhoroh, sebagai manusia biasa memang tidak akan mendapatkan jawaban atas apa yang terbaik dari berbagai pilihan atau hal yg membingungkan, tetapi melalui Sholat Istikhoroh tersebut saya yakin Allah akan memberikan yg terbaik untuk saya, itulah makna dari tawakal.

    Mohon maaf jika saya salah. Apa khabar mbak Ayya semoga tidak dalam keadaan bingung yaa 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s