14 Comments

Komplit

Karya besar yang luar biasa, Syaikh Munir Muhammad al-Ghadban dg Manhaj Haraki dan Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury dg Sirah Nabawiyah, sungguh amal yang sangat bermanfaat utk ummat.

Rasulullah pernah berdoa,
“Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah satu di antara dua orang yang Engkau sukai, Umar bin Khaththab atau Amer bin Hisyam.”

Di tengah cobaan dakwah yang sangat berat yang Rasulullah rasakan, Rasulullah tetap berharap, Rasulullah punya impian, Rasulullah berdoa di kesunyian malam. Meski orang yang diharapkan masuk Islam adalah orang yang saat itu sangat keras penentangannya terhadap Islam. Umar bin Khaththab dan Amer bin Hisyam (Abu Jahal) adalah orang2 yang dikenal berperangai keras dan antipati thd Islam. Sangat nyata kebenciannya dan permusuhannya thd Islam. Sampai-sampai kaum muslim putus harapan terhadap Islamnya mereka. Seperti dialog yang berlangsung antara seorang muslimah yang sedang berhijrah bersama suaminya berikut :

Umar sebagai seorang musyrik saat itu berkata kepadanya, “Jadi berangkat wahai Ummu Abdillah?” Ia menjawab, “Ya, kalian telah menyakiti kami, dan mengusir kami dari negeri kami.” Umar berkata, “Semoga keselamatan senantiasa menyertai kalian.” Setelah suaminya datang, wanita itu menceritakan kepadanya tentang kelembutan Umar yang baru disaksikannya. Ia (suami itu) berkata,
“Apakah kamu mengharapkan Islamnya Umar? Demi Allah, ia tidak akan masuk Islam sehingga keledai al-Khaththab masuk Islam.”

Tersenyum aku membaca kalimat ini. Menggambarkan sosok umar yang sangat keras permusuhannya thd Islam, sampai2 putus asa mendominasi jiwa sahabat ini.
Namun yang terjadi berikutnya apa? Ternyata salah satu dari org yang ada dalam doa Rasulullah tsb benar2 masuk Islam, bahkan menjadi garda terdepan dalam membela panji2 Islam. Orang tersebut adalah Umar bin Khaththab.

Beberapa hal yang bisa aku petik :
pertama_ bermimpilah
Bermimpilah karena dengannya kita punya tujuan. Dengannya kita jadi berpikir, berpikir bagaimana cara meraih mimpi itu. Dengannya kita terus bergerak, tidak diam.

kedua_dalam jiwa manusia pasti ada senar2 hati yang lembut.
Seorang yang keras pasti memiliki sisi lembutnya. Kadang2 puncak kekejaman dan kediktatoran seorang thagut bisa hancur dari dalam dan rontok di hadapan ketegaran orang2 yang tertindas dalam mempertahankan kebenaran dan keteguhan, serta keteguhan para mujahidin di jalan Allah. Selalu ada harapan.

ketiga_akhlak yg baik
Banyaknya orang2 yg masuk Islam dan teguhnya paman Rasulullah_Abu Thalib_meski bukan seorang muslim_melindungi Rasulullah, tidak lepas dari mulianya akhlak Rasulullah. Rasulullah dikenal tak pernah berbohong, menjalin sialturahim, membantu orang2 kesusahan, dll. Bahkan hal terkecil sekalipun ketika Rasulullah berbicara dengan orang lain, beliau selalu memberikan perhatian, terlihat dari cara beliau berbicara yang selalu menghadapkan wajah dengan penuh (tidak melirik)  Rasulullah telah menguasai ilmu komunikasi, jauh sebelum ilmu ini ada.

keempat_kedekatan pada Allah
Di tengah cobaan derita, Rasulullah tetap tegar. Karena hanya Allah tempatnya bersandar. Rasulullah meminta dengan sepenuh hati dan harapan. Tak heran kemenangan demi kemenangan diraih karena kedekatan pd Allah. Saya jadi teringat seorang ustadz yang memberikan tausiyah kpd seorang pasien ruqyah yg kurang lebih kalimatnya begini, “Berharapah kepada Allah, jangan kepada manusia. Berharap kepada manusia bisa membuat kita kecewa, namun berharap kepada Allah, kita takkan pernah kecewa. Dekatkan diri pada Allah. Terkadang orang yang dekat pada Allah, tanpa ia berdoa bahkan hanya keinginan bersitan di hati, langsung dijawab dan dikabulkan oleh Allah.”

Subhanallah. Sebenarnya begitu banyak hikmah yang di dapat dari perjalanan hidup Rasulullah. Tulisan ini hanya petikan sedikit isi buku, dan terdapat banyak kekurangan saya dalam memaparkan. Agar lebih lengkap, ayo teman2 baca buku yg saya sebutkan di atas. Membacanya, seolah-olah kita hidup di jaman Rasulullah. Membacanya membuat semangat berkobar-kobar. Membacanya membuat haru, bahagia, kagum, mantap, sedih. Membacanya membuat banyak inspirasi dalam diri. Membacanya membuat kita semakin cinta pada Rasulullah.

Advertisements

14 comments on “Komplit

  1. membaca sejarah Rasulullah sll saja membangkitkan kerinduanku padanya.
    **sungguh, Muhammad manusia paling mulia yg hrs menjadi teladan kita semua

  2. mau dnk….pinjemin yah? hehe

  3. sirah adalah mata iar yang tak pernah kering..
    tempat kita mengambil banyak pelajaran..

    : belajar dan terus belajar

  4. saat aku baca mbak, semakin merasa kecil diri ini dan tidak berguna sama sekali ingin sekali
    kapan ya mbak bisa berbuat yang bermanfaat 😦

    • 😦 sya pun mrasa sgt kecil mba, trasa tak ada apa2nya dibanding perjuangan dan pengorbanan yg dilakukan Rasulullah & para sahabat. Tapi sesungguhnya qt bisa berbuat yg bermanfaat. mulai dari diri sendiri dan mengajak org lain utk bnr2 menrapkan apa yg diajarkn Rasulullah. qt bisa mba.

  5. Subhanallah… kisah yang indah…
    Aku belum baca bukunya nih 😦

  6. info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s