4 Comments

=Kepastian=

Kematian pasti akan dialami oleh setiap manusia. Apabila ajal tiba, maka tidak bisa diajukan dan diundurkan sesaat pun, sebagaimana firman Allah (mari kita buka Al Qur’an terjemah),
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Ali Imran; 185)

Meskipun manusia telah memaklumi bahwa kematian pasti akan tiba, pasti akan tiba gilirannya thd diri sendiri, namun ternyata tiap orang tidak sama menyikapinya. Ada yang menyiapkan diri sepenuhnya, namun ada pula yang seolah tak peduli.

Menarik syair lagu ciptaan Apoy Wali Band yg judulnya Tomat (Tobat Maksiat):
…..dunia sesaat awas kau tersesat, ingatlah masih ada akhirat…
….ingat mati ingat sakit
ingatlah saat kau sulit
ingat2 hidup cuma 1X
berapa dosa kau buat
berapa kali maksiat
ingat2 sobat ingatlah akhirat….

Ya..mengingat kematian adalah cara ampuh utk memotivasi kita untuk terus menanam pohon2 kebaikan dg harapan bisa menjadi amal yang layak diperhitungkan hingga Allah berkenan memberi ridha-Nya pada si penanam. Bagaimana tidak, dengan meningat kematian, kita tersadarkan kembali bahwa hidup ini hanyalah sementara, segala yang ada tidak ada yg abadi, hanya Allah yg kekal. Allah yang menghidupkan, dan Allah pula yang mematikan.
Lalu utk apa Allah menciptakan manusia? semata-mata utk beribadah kepada-Nya.
Lantas utk apa kita masih terlena dg aktifitas seabreg-abreg, mengejar target2 hidup, kuliah, kerja, dll, namun tak pernah kita niatkan utk ibadah pada-Nya??? sayang sekali, sangat melenceng dari tujuan penciptaanya.
Maka sebelum terlambat, sebelum nafas hanya sampai ditenggorokan, luruskan niat kita. Kita berasal dan akan kembali kepada pemilik kita, Allah. Hidup di dunia hanya sebentar saja dibandingkan dg kehidupan akhirat yg abadi, kehidupan yang sebenarnya.
Luruskan niat, sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah SWT, Rabb semesta alam.
.
Mulai sekarang aku akan bersikap, bertindak, berkata, berpikir sesuai dg perintah Allah. Benar-benar kujadikan Al Quran sebagai pedoman hidupku, bukan sekedar pajangan di lemari atau hanya dibaca ketika dulu waktu belajar ngaji jaman2 masih sekolah SD. Akan kubaca, lalu kuaplikasikan dalam hidupku.
Jika kutanya pada orang2, apakah mau masuk surga? jawabnya YA. begitu pula aku, so pasti.
Utk bisa masuk surga, Allah telah memberi petunjuk. Petunjuk tsb adalah Al Quran.

Ibarat ingin menuju ke suatu kota. Kita menempuh perjalanan. Dalam perjalanan tsb ada rambu2 yg harus dipatuhi. Jika tidak, kita bisa celaka & tak sampai tujuan.

Seorang ahli hadits, Al-A’mash, yg telah menyiapkan diri selama 60 thn, dg melaksanakan shalat berjamaah bersama imam tanpa pernah ketinggalan takbiratul ihram. menjelang kematiannya, anak-anaknya menangisinya, dia mengatakan, “Janganlah kalian menangisi aku! Sebab, demi Allah, aku tidak pernah ketinggalan takbiratul ihram bersama imam selama 60 thn.”

Di sisi lain, ada seseorang yg pd saat sekarat diajari utk mengucapkan La Ilaha Illallah, tetapi dia malah bertanya, “6×5 sama dengan berapa?” karena dalam kehidupannya dia hanya mengejar keuntungan duniawi, tanpa pernah mengingat Allah dan Hari Akhir.

Hmm…kematian adalah sebuah kepastian. Tak bisa ditolak, meski oleh dokter atau konglomerat sekalipun. Tugas kita adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula).” (Az-Zumar: 30)

=Mengingat Kematian=
Innalillahi wainna ilaihi raji’uun, telah berpulang ke Rahmatullah ayahanda saudariku tercinta (Murti Wahyuni) Bpk.Darmo Suwito, malam ini, di RSI Madiun. Semoga amal alm.diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

Advertisements

4 comments on “=Kepastian=

  1. semoga yang ditinggalkan semakin bersabar dan tabah

  2. Turut berduka cita mba, semoga arwah beliau diterima disisiNya sesuai dengan amal perbuatannya…

    Memang kepastian (ajal) itu kita tidak bisa tahu kapan datangnya…

    salam kenal dari ahsanfile.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s