30 Comments

BELI DULU DEH…BARU PUASA!

31 Juli hari Sabtu, 1 Agust hari Minggu, 3 Agust hari ini…cek kalender hijriyah dulu.., tgl brp ya skrg? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

22 Sya’ban! Bln Sya’ban sampai tgl 29, berarti tinggal 7 hari lagi Ramadhan! Merujuk dari kalender hijriah, 1 Ramadhan bertepatan dg 11 Agustus. Ckckck… Sudah sejauh mana nih persiapan kita?

Bukan cuma saat mau ujian, bepergian, or nikahan lho yg kudu perlu persiapan.
Bagi ummat muslim, Ramadhan juga kudu ada persiapannya!
Secara! Ramadhan adalah bulan suci ummat Islam. Banyak nama lainnya, diantaranya bulan penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan pembebasan dari api neraka, bulan berlipat gandanya pahala, bulan yg lebih baik dari 1000 bulan.
Bayangkan nih ya, amal wajib seperti shalat magrib misalnya, yang dikerjakan di bulan Ramadhan, sama seperti melaksanakan 70 kewajiban di bln lain.
Ini nih haditsnya:
Dari Salman Al-Farisi ra. berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah pada hari terakhir bulan Sya’ban:
Wahai manusia telah datang kepada kalian bulan yang agung, bulan penuh berkah, didalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasanya wajib, dan qiyamul lailnya sunnah.
Siapa yang mendekatkan diri dengan kebaikan, maka seperti mendekatkan diri dengan kewajiban di bulan yang lain.
Siapa yang melaksanakan kewajiban, maka seperti melaksanakan 70 kewajiban di bulan lain.
Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan kesabaran balasannya adalah surga. Bulan solidaritas, dan bulan ditambahkan rizki orang beriman. Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka dan mendapatkan pahala seperti orang orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi pahalanya sedikitpun ». kami berkata : »Wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam Tidak semua kita dapat memberi makan orang yang berpuasa ? ». Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Allah memberi pahala kepada orang yang memberi buka puasa walaupun dengan satu biji kurma atau seteguk air atau susu.
Ramadhan adalah bulan dimana awalnya rahmat, tengahnya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka
(HR Al-‘Uqaili, Ibnu Huzaimah, al-Baihaqi, al-Khatib dan al-Asbahani)

So jgn lewatkan bulan suci Ramadhan kali ini berlalu tanpa makna berarti yg membawa kita menjadi pribadi muslim yg lebih baik dari sebelumnya. Sayang bgt lho…. Rugi besar!!!

Nah, yg ini ada juga haditsnya :
Rasulullah Saw menaiki mimbar (untuk berkhotbah). Menginjak anak tangga (tingkat) pertama beliau mengucapkan, “Aamin”, begitu pula pada anak tangga kedua dan ketiga.
Seusai shalat para sahabat bertanya, “Mengapa Rasulullah mengucapkan “Aamin”?
Beliau lalu menjawab, “Malaikat Jibril datang dan berkata, “Kecewa dan merugi seorang yang bila namamu disebut dan dia tidak mengucap shalawat atasmu” lalu aku berucap “Aamin.”
Kemudian malaikat berkata lagi, “Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup bersama kedua orang tuanya tetapi dia tidak sampai bisa masuk surga.” Lalu aku mengucapkan “aamin”.
Kemudian katanya lagi, “Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan (hidup) pada bulan Ramadhan tetapi tidak terampuni dosa-dosanya.” Lalu aku mengucapkan “Aamin.”
(HR. Ahmad)

Apalagi kalau ada yg sampai gak puasa.
“Terlalu!” kata bang Haji.
Katanya Upin Ipin, “Kalau tak puase, tak boleh raye!”
Simple saja persiapannya. Yg ini adalah slh 1 persiapan dari persiapan2 yg lain. Yakni, cek kebutuhan Ramadahn dari sekarang jg kebutuhan lebaran. Nah mumpung bulan muda, buruan kebutuhan itu dibeli dari sekarang, lagian harga masih normal, biasanya menjelang Ramadhan harga barang memanjat tinggi. Ketika beli sekarang, nanti di bulan Ramadhan kita gak perlu repot2 lagi mikirin hal2 seperti itu. So, qt bs khusuk ibadah or beramal. Biasax di kalangan masyarakat kita, msh kental tradisi, hari raya = baju baru. Gpp kalau mau beli baju baru, boleh juga saya dibeliin satu! Silahkan…krn kita jg disunnahkan utk memakai pakaian terbaik saat ke masjid (sebebnarnya pakaian terbaik gak harus baru). ntar baju barunya dipakai ya wkt shalat ied.

”Wahai anak Adam, pakailah perhiasan kalian yang bagus setiap mendatangi masjid…” (Al-A’raf [7]:31)
Bagi para ulama yang memandang bahwa perintah dalam ayat di atas wajib, maka yang dimaksud memakai perhiasan adalah menutup aurat. Tetapi bagi ulama yang memandang bahwa perintah di atas sunnah, maka yang dimaksud perhiasan adalah pakaian yang bagus. (Tafsir Al-Manar (8/381, 382)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma (RA) bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya Nabi SAW mengenakan pakaian kain bergaris yang dihiasi di hari raya.” (Riwayat As-Syafi’i)

Sayangnya kebanyakan kita, terkadang menyita banyak waktu utk membeli baju baru or kebutuhan lain di masa2 Ramadhan apalagi menjelang Lebaran. Harusnya bisa dipakai utk iktikaf di masjid, eh malah taunya iktikaf di mall!

Jadi, ayo benar2 kita sambut Ramadhan dg mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Masalah, kebutuhan..Beli dulu deh…baru puasa!

Agar hati plong menjalani Ramadhan, sekaligus dikesempatan ini saya atas nama Soraya Millah memohon maaf kpd teman2 atas khilaf, dimaafkan ya teman…

Advertisements

30 comments on “BELI DULU DEH…BARU PUASA!

  1. tokorode, sy suka warna pink nya, hihi

  2. alhamdulillah, bulan ramadhan sudah di depan mata..
    trima kasih kembali diingatkan kembali dengan ayatNya dan perkataan rasulNya..

    mohon maaf juga ya atas kekeliruan diri ^_

  3. horee, mau bulan puasaaa 😀

  4. hm,…bujur2 bu aiii…

    syukranlah…

    kereen eui blognya…hmmm..jd pingin ngeblog juga..he..

  5. [komentar sebelum komentar]
    sepertinya itu mesjid di samarinda..hmm.. islamic center?

    [komentar]
    syukron informasinya, tapi untuk kuah lontong sepertinya tidak bisa dibeli dari sekarang.. kalau dibeli sekarang pasti basi ketika lebaran nanti

  6. puch mengucapkan mohon maaf lahir batin,, selamat menunaikan ibadah puasa

    🙂

  7. makasih sudah di share ilmunya 😀

  8. mari sambut ramadhan dengan gembira 🙂

  9. sama2 ya… mohon maaf lahir batin…
    semoga puasa kali ini mendapat ridho-NYA. amin..

  10. haha…persiapannya, dasar ibu-bu…hehe, piss..
    aku sich tinggal nyicipi, xixixi….
    harga dah naik dari dulu kalee mbak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s