Leave a comment

Pelajaran Penting


Rasulullah saw. mengarahkan para sahabatnya agar tidak mendapat peluang menyimpang dari ashalah (orisinalitas) dakwah. Perhatikan pengakuan Amr bin Ash r.a. ini:
Rasulullah menghadapakan wajah dan pembicaraan kepadaku, sehingga aku menduga bahwa aku adalah sebaik-baik kaum (manusia). Lantas aku bertanya, “Ya Rasulullah, apakah aku atau Abu Bakar yang lebih baik?” Jawab Rasul, “Abu Bakar!” Aku bertanya lagi, “Ya Rasulullah, apakah aku atau Umar yang lebih baik?’ Jawab Rasul, “Umar!” Lalu aku bertanya, “Ya Rasulullah, apakah aku atau Utsman yang lebih baik?”, Beliau menjawab, “Utsman!” Mungkin bila aku tak bertanya kepada Rasulullah, beliau akan membenarkan aku. Maka timbullah (penyesalan dalam hatiku), seharusnya aku tak bertanya lagi kepadanya.” (HR.Tirmidzi)
Semua sahabat tahu, bahkan Rasulullah saw. juga tahu bahwa Amr bin Ash adalah seorang prajurit Islam yang tangguh. Kesetiaan dan loyalitas di jalan Allah swt. telah teruji di berbagai medan pertempuran melawan orang-orang musyrik. Namun Rasulullah saw. tak ingin ada kesombongan yang dapat muncul di dalam hati Amr bin Ash, sehingga pertanyaan yang ditujukan kepada beliau telah dijawab secara tegas, dan bisa menutup peluang ke arah penyimpangan tujuan serta niatan.
Bukankah sebenarnya Rasulullah sebenarnya bisa menjawab, seperti keinginan Amr bin Ash, bahwa beliau mencintainya lebih dari yang lain?
Seandainya Rasul saw. mengatakan Amr bin Ash lebih baik dari Abu Bakar, hal itu tak akan mengurangi kemuliaan dan kewibawaan Abu Bakar di hadapan para sahabat yang lain. Demikian pula jika Nabi saw. mengatakan Amr bin Ash lebih baik dari Umar, sekali-kali keutamaan Umar tak akan pudar di hadapan sahabat lainnya. Namun perasaan apakah yang sekiranya muncul pada diri Amr bin Ash jika jawaban beliau seperti itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s